Sabtu, 13 Oktober 2012

Analisis Jabatan Funfsional Penilik



URAIAN JABATAN                     

A.    IDENTITAS JABATAN
KODE JABATAN
:

NAMA JABATAN                        
:
Penilik Utama
BAGIAN / BIDANG                        
:
PAUD NI
DINAS
:
Pendidikan Kabupaten/Kota
KEMENTERIAN
:
Pendidikan  dan Kebudayaan

IDENTITAS PEJABAT
Nama Pejabat
:
Penilik
Masa Kerja di Jabatan ini
:
-
Masa Kerja Keseluruhan
:
-
Nama Atasan langsung
:
Kepala Dinas Pendidikan
Jabatan Atasan
:
Kepala Dinas Pendidikan


                B. KEDUDUKAN JABATAN DALAM STRUKTUR ORGANISASI
KABID Kepegawaian
KABID
               KABID Pegawai

Jabatan Fungsional
Penilik Utama
KABID
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota



C. TUJUAN / FUNGSI JABATAN


Melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUD NI)

D. RINCIAN TUGAS


D.1. TUGAS POKOK
Tugas  Pokok 1
:
Menyusun rencana tahunan pengendalian mutu PAUD NI sebagai Ketua

Tahapan Pelaksanaan Tugas
:
1.1          Menyiapkan hasil kajian pengendalian mutu program PAUD NI tahun sebelumnya
1.2          Melakukan koordinasi untuk membentuk tim pelaksana penyusunan rencana tahunan
1.3          Mengumpulkan norma, standar, kriteria, dan pedoman yang terkait dengan program PAUD NI
1.4          Mengumpulkan data PTK, program,serta sarana dan prasarana PAUD NI
1.5          Mentabulasi data PTK, program, serta sarana dan prasarana PAUD NI
1.6          Mengolah data PTK, program, serta sarana dan prasarana PAUD NI
1.7          Menganalisis program prioritas PAUD NI
1.8          Mengindentifikasi kebutuhan program pengendalian mutu PAUD NI
1.9          Mengembangkan desain program prioritas pengendalian mutu PAUD NI
1.10       Menyiapkan surat-surat yang terkait dengan kegiatan penyusunan rencana kerja tahunan program PAUD NI
1.11       Membahas rancangan program kerja tahunan pengendalian mutu program PAUD NI
1.12 Memperbaiki hasil pembahasan rancangan program kerja tahunan pengendalian mutu program PAUD NI
1.13 Menetapkan program kerja tahunan pengendalian mutu program PAUD NI
1.14   Mengajukan pengesahan program kerja tahunan pengendalian mutu program PAUD NI kepada pejabat yang berwenang
Wewenang
:
·      Menetapkan prioritas  kegiatan
·      Memutuskan finalisasi draf
·      Mengajukan draf final kepada Kepala Dinas

Indikator Prestasi
:
Adanya draf rencana tahunan pengendalian mutu program PAUD NI


Tugas  Pokok 2
:
Menyusun rencana triwulan pengendalian mutu satuan PAUD NI
.

Tahapan Pelaksanaan Tugas
:
2.1  Mengumpulkan hasil pelaksanaan tugas pengendalian mutu
        program PAUD NI selama tiga bulan

2.2.  Menetapkan ruang lingkup kegiatan yang akan dituangkan dalam laporan
2.3   Menetapkan sistematika laporan triwulan
2.4  Mengolah hasil pengendalian mutu
2.5  Menyusun dan menetapkan laporan triwulan
2.6  Menyampaikan laporan triwulan kepada koordinator dan Dinas
        Pendidikan Kabupaten/Kota

Wewenang
:
·      Menganalisis hasil pengendalian mutu tiga bulan sebelumnya
·      Menetapkan prioritas pengendalian mutu selama tiga bulan
·      Melakukan finalisasi draf rencana triwulan

Indikator Prestasi
:
Adanya draf rencana triwulan pengendalian mutu program PAUD NI selama tiga bulan



Tugas  Pokok 3
:
Melaksanakan diskusi terfokus hasil pemantauan sebagai anggota

Tahapan Pelaksanaan Tugas
:
3.1.     Menyusun desain diskusi terfokus
3.2.     Membentuk tim untuk melaksanakan diskusi terfokus
3.3.     Melakukan koordinasi dengan fihak terkait
3.4.     Menentukan topik diskusi terfokus
3.5.     Melakukan administrasi pelaksanaan kegiatan diskusi terfokus
3.6.     Menyiapkan sarana prsarana untuk melakukan diskusi terfokus
3.7.     Menyiapkan petugas untuk kegiatan diskusi terfokus
3.8.     Menentukan narasumber untuk kegiatan diskusi terfokus
3.9.     Melaksanakan diskusi terfokus
3.10. Merumuskan hasil diskusi terfokus
3.11. Membuat rekomendasikan hasil diskusi terfokus
3.12. Menyampaikan rekomendasikan hasil diskusi terfokus
kepada Kepala Dinas Pendidikan

Wewenang
:
·   Menentukan topik diskusi terfokus
·   Memberikan masukan.
·   Menyimpulkan hasil diskusi terfokus
·   Membuat rekomendasikan hasil diskusi terfokus
·   Menyampaikan rekomendasikan hasil diskusi terfokus
       kepada Kepala Dinas Pendidikan
                       
Indikator Prestasi
:
Adanya rumusan kesimpulan hasil diskusi terfokus.


Tugas  Pokok 4
:
Menyusun instrumen penilaian program pada satuan PAUD NI berdasarkan standar pendidikan

Tahapan Pelaksanaan Tugas           :  4.1  Menyiapkan bahan –bahan berupa norma,standar,kreteria, pedoman dan program   PAUD NI
                                                                4.2  Menyusun kisi-kisi mengacu pada norma, standar,kreteria, pedoman dan program PAUD NI
                                                                4.3  Mengembangkan butir instrumen pemantauan
                                                                4.4  Melakukan validasi instrumen
                                                                       4.5   Mereview instrumen hasil ujicoba
      4.6  Memfinalisasi instrumen

Wewenang
:
·   Melakukan validasi instrumen
·   Mereview instrumen
·   Memfinalisasi instrumen
       
Indikator Prestasi
:
Adanya instrumen penilaian program PAUD NI.



Tugas  Pokok 5
:
Melaksanakan, menganalisis, dan melaporkan hasil penilaian program pada satuan PAUD NI

Tahapan Pelaksanaan Tugas           :  5.1  Menginformasikan kepada satuan PAUD NI rencana penilaian program
                                                                5.2  Menetapkan kriteria keberhasilan program PAUD NI
                                                                5.3  Menyiapkan dan menyampaikan surat-surat yang terkait penilaian program PAUD NI kepada satuan
                                                                5.4  Mengumpulkan data menggunakan instrumen penilaian program pada satuan PAUD NI berdasarkan standar pendidikan
                                                                       5.5   Mentabulasi dan mengolah data
5.6  Menetapkan nilai hasil pelaksanaan program pada satuan
        PAUD NI
      5.7  Menganalisis nilai hasil pelaksanaan program pada satuan
             PAUD NI
      5.8  Merekomendasikan kepada satuan PAUD NI tentang hasil
             penilaian pelaksanaan program satuan PAUD NI
      5.9  Menyusun laporan hasil penilaian program PAUD NI
      5.10 Menyampaikan laporan hasil penilaian program PAUD Ni
              kepada Kepala Dinas Pendidikan

Wewenang
:
·   Menyusun rekomendasi
·   Menetapkan kriteria keberhasilan
·   Menganalisis nilai hasil pelaksanaan program
·   Menyampaikan laporan hasil penilaian program PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya hasil penilaian program PAUD NI.

Tugas  Pokok 6
:
Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berdasarkan standarpendidikan

 Tahapan Pelaksanaan Tugas           :  6.1   Menginformasikan kepada PTK PAUD NI tentang rencana pembimbingan dan pembinaan
6.2   Membuat panduan pembimbingan dan pembinaan kepada
  PTK
        6.3   Menyiapkan bahan pembimbingan dan pembinaan berdasarkan hasil penilaian
        6.4   Menyiapkan dan menyampaikan surat-surat yang terkait pembimbingan dan pembinaan 
                                                        6.5   Melaksanakan pembimbingan dan pembinaan kepada PTK
                                                               6.6   Membuat peta kompetensi dan masalah yang dihadapi masing-masing PTK
                                                           6.7   Membuat rekomendasi untuk ditindak lanjuti oleh PTK berdasarkan
                                                      hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               6.8  Membuat laporan hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               6.9  Menyampaikan laporan hasil pembimbingan dan pembinaan


Wewenang
:
·   Menetapkan materi  pembimbingan dan pembinaan
·   Menyusun rekomendasi
·   Menyampaikan laporan hasil penilaian program PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya hasil materi  pembimbingan dan pembinaan serta rekomendasi.

Tugas  Pokok 7
:
Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PAUD NI dalam melakukan penelitian atau pengembangan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan dengan sasaran kelompok

Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   7.1   Menginformasikan kepada PTK PAUD NI tentang rencana pembimbingan dan pembinaan
7.2   Membuat panduan pembimbingan dan pembinaan kepada
  PTK
        7.3   Menyiapkan bahan pembimbingan dan pembinaan dalam bidang penelitian atau pengembangan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan
        7.4   Menyiapkan dan menyampaikan surat-surat yang terkait pembimbingan dan pembinaan 
                                                        7.5   Melaksanakan pembimbingan dan pembinaan kepada PTK
                                                               7.6   Membuat peta kompetensi dalam penelitian atau pengembangan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan
                                                           7.7   Membuat rekomendasi untuk ditindak lanjuti oleh PTK berdasarkan
                                                      hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               7.8  Membuat laporan hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               7.9  Menyampaikan laporan hasil pembimbingan dan pembinaan


Wewenang
:
·   Menetapkan materi  pembimbingan dan pembinaan
·   Menyusun rekomendasi
·   Menyampaikan laporan hasil penilaian program PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya  materi  pembimbingan dan pembinaan serta rekomendasi.

Tugas  Pokok 8
:
Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PAUD NI dalam menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan dengan sasaran kelompok

Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   8.1   Menginformasikan kepada PTK PAUD NI tentang rencana pembimbingan dan pembinaan
8.2   Membuat panduan pembimbingan dan pembinaan kepada
  PTK
        8.3   Menyiapkan bahan pembimbingan dan pembinaan dalam menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan
        8.4   Menyiapkan dan menyampaikan surat-surat yang terkait pembimbingan dan pembinaan 
                                                        8.5   Melaksanakan pembimbingan dan pembinaan kepada PTK
                                                               8.6   Membuat peta kompetensi dalam menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan dan/atau pembimbingan
                                                   8.7   Membuat rekomendasi untuk ditindak lanjuti oleh PTK  berdasarkan hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               8.8  Membuat laporan hasil pembimbingan dan pembinaan
                                               8.9  Menyampaikan laporan hasil pembimbingan dan pembinaan

Wewenang
:
·   Menetapkan materi  pembimbingan dan pembinaan
·   Menyusun rekomendasi
·   Menyampaikan laporan hasil penilaian program PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya materi  pembimbingan dan pembinaan serta
rekomendasi.

Tugas  Pokok 9                                      :  Menyusun laporan triwulan
Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   9.1   Mengumpulkan hasil pelaksanaan tugas pengendalian mutu program PAUD NI selama tiga bulan
                                                                  9.2  Menetapkan ruang lingkup yang akan dituangkan dalam laporan
                                                                  9.3  Menetapkan sistematika laporan triwulan
                                                                  9.4  Mengolah hasil pengendalian mutu program PAUD NI
                                                                  9.5  Menyusun laporan triwulan pengendalian mutu program PAUD NI
                                                                  9.6  Menyampaikan laporan triwulan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

Wewenang
:
·   Menetapkan materi laporan triwulan
·   Menyusun rekomendasi
·   Menyampaikan laporan triwulan hasil pengendalian mutu PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya  laporan triwulan dan rekomendasi.

Tugas  Pokok 10                                    :  Menyusun laporan tahunan
Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   10.1  Mengumpulkan hasil pelaksanaan tugas pengendalian mutu
                                                                                program PAUD NI selama satu tahun                                                               10.2  Menetapkan ruang lingkup yang akan dituangkan dalam laporan                                                                 
                                                                  10.3  Menetapkan sistematika laporan triwulan
                                                                  10.4  Mengolah hasil pengendalian mutu program PAUD NI
                                                                  10.5  Menyusun laporan tahunan pengendalian mutu
        10.6  Menyusun rekomendasi untuk memperbaiki program PAUD NI
          tahun yang akan datang                                                                 10.7  Menyampaikan laporan tahunan kepada Kepala Dinas
          Pendidikan Kabupaten/Kota
Wewenang
:
·   Mengkoordinasikan penyusunan laporan tahunan
·   Menetapkan materi laporan tahunan
·   Menyusun rekomendasi
·   Menyampaikan laporan tahunan hasil pengendalian mutu PAUD Ni kepada Kepala Dinas Pendidikan

Indikator Prestasi
:
Adanya  laporan tahunan dan rekomendasi.



Tugas  Pokok 11                                    :  Menyusun desain evaluasi dampak program PAUD NI
Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   11.1   Mengumpulkan bahan-bahan untuk melakukan evalusi
                                                                            dampak
       11.2   Mengidentifikasi program PAUD NI yang akan dievaluasi
       11.3   Membentuk Tim penyusun desain evaluasi dampak
       11.4   Memberikan pengarahan kepada Tim
       11.5   Mengkoordinasikan pihak terkait
       11.6   Menentukan metode evaluasi dampak
Wewenang
:
·   Mengkoordinasikan penyusunan desain evaluasi  dampak
·   Menetapkan sasaran dan ruang lingkup  evaluasi
·   Menentukan metode evaluasi dampak
   
Indikator Prestasi
:
Adanya  desain evaluasi dampak.

Tugas  Pokok 12                                    :  Menyusun instrumen evaluasi dampak program PAUD NI
 Tahapan Pelaksanaan Tugas           :   12.1   Menyiapkan bahan-bahan berupa norma, standar,kreteria, pedoman dan program PAUD NI
                                                                   12.2  Menyusun kisi-kisi instrumen
                                                                   12.3  Mengembangkan butir instrumen evaluasi dampak
                                                                         12.4  Melakukan validasi instrumen
                                                                         12.5  Mereview instrumen hasil ujicoba
                                                                         12.6  Memfinalisasi instrumen
                                                                               
Wewenang
:
·   Mengkoordinasikan penyusunan instrumen evaluasi dampak
·   Menentukan bentuk instrumen  evaluasi dampak

Indikator Prestasi
:
Adanya  instrumen evaluasi dampak.

Tugas  Pokok 13                              :  Melaksanakan dan menyusun laporan evaluasi dampak program  PAUD NI
 Tahapan Pelaksanaan Tugas       :   13.1   Menyiapkan bahan-bahan evaluasi dampak program PAUD NI
                                                               13.2  Menginformasikan kepada pihak terkait tentang rencana
                                                                         pelaksanaan evaluasi dampak
                                                               13.3  Menentukan tempat dan waktu pelaksanaan evaluasi dampak
                                                               13.4  Menentukan responden evaluasi dampak
                                                               13.5  Melaksanakan evalausi dampak
                                                               13.6  Mengolah data
                                                               13.7  Menganalisis data
                                                               13.8  Membuat kesimpulan dan rekomendasi hasil evalausi dampak
                                                               13.9  Menyusun laporan hasil evalausi dampak
                                                               13.10 Menyampaikan laporan hasil evaluasi dampak kepada Kepala            Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kota

Wewenang
:
·   Mengkoordinasikan pelaksanaan evaluasi dampak
·   Membuat kesimpulan dan rekomendasi hasil evalausi dampak evaluasi dampak
·   Menyampaikan laporan hasil evaluasi dampak kepada Kepala  Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kota
Indikator Prestasi
:
Adanya  laporan hasil evaluasi dampak.

 Tugas  Pokok 14                              :  Menyiapkan  bahan presentasi hasil evaluasi dampak program   PAUD NI

  Tahapan Pelaksanaan Tugas       :   14.1   Menyiapkan bahan evaluasi dampak program PAUD NI
                                                                      14.2   Menyiapkan draf bahan presentasi
                                                                      14.3   Menentukan bahan presentasi
                                                     14.4   Membuat handout
                                                                      14.5   Membahas bahan presentasi
                                                                      14.6   Memfinalkan bahan presentasi
                                                                      14.7   Menggandakan bahan presentasi
                               
Wewenang
:
·   Menetapkan bentuk dan jumlah bahan presentasi

Indikator Prestasi
:
Adanya  bahan presentasi hasil  evaluasi dampak.

Tugas  Pokok 15                              :  Melakukan  presentasi hasil evaluasi dampak program  PAUD NI
Tahapan Pelaksanaan Tugas       :   15.1   Melakukan koordinasi dengan pihak terkait
                                                                    15.2   Menentukan tempat dan waktu untuk presentasi
                                                                    15.3   Menentukan jumlah peserta yang diundang dalam presentasi
                                                                    15.4   Meminta persetujuan kepada Kepala Dinas Pendidikan
                                                                    15.5   Melaksanakan kegiatan presentasi hasil evaluasi dampak
                                                                    15.6   Menyusun laporan kegiatan presentasi hasil evaluasi dampak
                                                                 15.7   Menyampaikan laporan kegiatan presentasi  evaluasi dampak  kepada Kepala  Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kota

Wewenang
:
·   Mengkoordinasikan kegiatan presentasi hasil evaluasi dampak
·   Menentukan tempat dan waktu untuk prentasi
·   Menentukan jumlah peserta yang diundang
·   Menyusun laporan kegiatan presentasi hasil evaluasi dampak
·   Menyampaikan laporan kegiatan presentasi  evaluasi dampak  kepada Kepala  Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kota

Indikator Prestasi
:
Adanya  laporan kegiatan presentasi hasil evaluasi dampak.

D.2. TUGAS TAMBAHAN                        
Tugas  Tambahan 1
:
Melaksanakan tugas sebagai anggota tim penilai angka kredit jabatan fungsional penilik

Tahapan Pelaksanaan Tugas
:
1.1.     Melakukan koordinasi dengan Sekretariat Tim Penilai
1.2.     Menyiapkan bahan-bahan untuk penilaian
1.3.     Memeriksa berkas adminsitarsi
1.4.     Memeriksa kegiatan yang dilaksanakan
1.5.     Menilai bukti fisik .
1.6.     Memberikan nilai angka kredit
1.7.     Menyampaikan hasil penilain kepada Ketua Tim Penilai


Wewenang
:
1.1. Memeriksa berkas adminsitarsi
1.2. Memeriksa kegiatan yang dilaksanakan
1.3. Menilai bukti fisik .
1.4. Memberikan nilai angka kredit

Indikator Prestasi
:
Adanya angka kredit yang ditetapkan bagi penilik yang bersangkutan.

D.3. TUGAS LAIN-LAIN

Tugas  Lain-lain
:
Anggota tim pengawas Ujian Nasional (UN) Pendidikan Kesetaraan

Tahapan Pelaksanaan Tugas
:
1.1. Mengumpulkan dokumen yang terkait dengan UN Pendidikan Kesetaraan
1.2. Mempelajari dokumen yang terkait dengan UN Pendidikan Kesetaraan
1.3. Mengikuti rapat koordinasi persiapan pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan
1.4. Melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan
Wewenang
:
1.1     Mencatat temuan dalam pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan
1.2     Melaporkan temuan dalam pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan
Indikator Prestasi
:
Adanya catatan dan laporan temuan pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan

E. HUBUNGAN KERJA

Dengan Jabatan yang lebih Tinggi

JABATAN YANG DIHUBUNGI
UNIT KERJA
MAKSUD HUBUNGAN
INTERNAL
·   Kepala Dinas dik
·   Ka Bidang yang terkait.


·  Dinas dik Kab/Kota
·  Dinas dik Kab/Kota
.


·  Melaporkan pelaksanaan tugas, menerima arahan/masukan
EKSTERNAL
·   Kepala BKD
·   Kabag kepegawaian


·  BKD.
·  Dinas dik Kab/Kota



·  Melakukan kordinasi.
·  Melakukan kordinasi.

Dengan Jabatan yang Setara

JABATAN YANG DIHUBUNGI
UNIT KERJA
MAKSUD HUBUNGAN
INTERNAL
·   Tidak ada


·   

·   
EKSTERNAL
·   Kepala SKB/UPTD
·   Para Pengawas .


·  SKB/UPTD Kab/Kota
·  Dinasdik Kab/Kota

·  Melakukan kordinasi.
·  Melakukan kordinasi.

Dengan Jabatan yang Lebih Rendah

JABATAN YANG DIHUBUNGI
UNIT KERJA
MAKSUD HUBUNGAN
INTERNAL
·   Para Pelaksana Teknis.

·  Unit kerja di lingkungan Dinasdik Kab/Kota


·  Melakukan kordinasi.

EKSTERNAL
·   Para Pelaksana Teknis.
·   Ketua Asosiasi/Forum PTK PAUD NI

·  SKB dan KCD Dik Cam

·  Melakukan kordinasi.
·  Melakukan kordinasi.






F. TANGGUNG JAWAB JABATAN

PENERIMAAN PENGAWASAN
Pekerjaan yang diawasi
Pengawasan oleh
Frekuensi Pengawasan
·  Pelaksanaan tugas pokok, tugas tambahan .
·  Pelaksanaan tugas pokok, tugas tambahan .

·  Kepala Dinasdik Kab/kota .

·  Kepala Bidang yg terkait dengan PAUD NI pada Dinasdik kab/kota.

·  Sewaktu-waktu.

·  Setiap hari.

PEMBERIAN PENGAWASAN
Jabatan yang diawasi
Jumlah pejabat
Pekerjaan yang diawasi
Frekuensi Pengawasan
·  Tidak ada




OUT PUT ADMINISTRASI
Nama Formulir / File / Catatan
·  Laporan triwulan hasil pengendalian mutu program PAUD NI
·  Laporan tahunan hasil pengendalian mutu program PAUD NI
·  Laporan hasil evaluasi dampak program PAUD NI

KEUANGAN
Jumlah
Untuk Keperluan
Rp. Tidak ada









ALAT / MESIN / BAHAN
Nama alat/Mesin/Bahan
Akibat Kesalahan
Peralatan :
1.       Komputer;
2.       Printer;
3.       Faximile;
4.       Telephone;
5.       Jaringan Internet;
6.       Alat Tulis Kantor.
7.       Kendaraan bermotor
8.       Dan lain lain

Bahan-Bahan Alat Bantu Kerja :
1.       UU ttg Sisdiknas
2.       UU, PP, Permendiknas yang berkaitan dengan PAUD NI ;
3.       Peraturan Menpan dan RB No:14/2010  tentang Jabatan fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
4.       Peraturan Bersama Mendiknas dan Ka. BKN No. 02/III/PB/2011 dan No. 7 Tahun 2011 tentang Juklak Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
5.       Norma/standar/Pedoman/Kriteria yang terkait dengan PAUD NI


·  Kemungkinan pelaksanaan kegiatan akan terlambat.








§ Akan timbul kesulitan dalm pelaksanaan tugas.
RAHASIA
Jenis Kerahasiaan
Akibat jika terjadi kebocoran
·  PAK Jabfung Penilik
·  Menimbulkan keresahan pegawai.


G. LINGKUNGAN KERJA
1.    Akibat jika terjadi kecelakaan
:
Tidak ada
2.    Gangguan kesehatan yang mungkin terjadi
:
Tidak ada
3.    Kegiatan pejabat


a.    Duduk
:
50 %
b.   Berdiri
:
10 %
c.    Berjalan
:
40 %
4.    Tempat kerja


a.    Di dalam Gedung
:
45 %
b.   Di luar Gedung
:
55 %
5.    Kondisi Lingkungan
:



Kondisi
Kurang
Cukup
Baik
a. Suhu
X


b. Penerangan
X


c. Ventilasi
X


d. Ketenangan
X


e. Kebersihan
X


f. Keleluasaan



-          luas ruang
X


-          luas meja

X


6.    Alat Keselamatan Kerja:
Tidak ada

H.    PERSYARATAN JABATAN & KOMPETENSI

1.  Pendidikan Minimal
:
S1/D-IV
     Jurusan
:
Kependidikan
2.  Diklat Kedinasan Minimal
:
Diklat Fungsional
3.  Pelatihan Ketrampilan  & Pengetahuan Minimal
:
Pengetahuan teknis pengendalian mutu dan evaluasi dampak, metodologi penelitian
4.    Pengalaman Penugasan pada jabatan tertentu
:
Pamong Belajar/Guru/Pengawas Sekolah/Jabatan lain yang terkait dengan bidang PAUD NI pada dinasdik
5.  Persyaratan Fisik
:
Sehat fisik
6.  Persyaratan Jenis Kelamin
:
Tidak ada
7.  Persyaratan Usia  Minimal
:
25  tahun
Maksimal
:
60  tahun


8.  Persyaratan Kompetensi
:
Mampu komunikasi secara efektif, memiliki interpersonal skill yang baik, teliti, cermat, bertanggung jawab, bisa menjaga rahasia, penelitian, evaluasi