INSTRUMEN
SUPERVISI MANAJERIAL
BIDANG : PENGELOLAAN PNFI / PROGRAM KERJA
( 1 )
Nama Tutor : ................................
K e l a s : ................................
Kelompok Belajar : ................................
Hari / Tanggal : ................................
Wilayah Binaan : ................................
Alamat : ................................
Kecamatan : ................................
No. | Indikator/Aspek yang diamati | Skor |
1 | Memiliki rumusan Visi dan Misi sekolah | |
2 | Memiliki program jangka panjang, menengah dan pendek | |
3 | Keterlibatan warga sekolah dan stakholder dalam menyusun RAPBS | |
4 | Memiliki RAPBS | |
5 | Kualifikasi Akreditasi sekolah | |
6 | Tingkat keterbukaan Kepala Sekolah / Penyelenggara dengan warga sekolah | |
7 | Memiliki Kalender pendidikan dan Penjabarannya | |
8 | Memiliki Perangkat kurikulum yang berlaku (Nasional maupun mulok) | |
9 | Membuat SK Tentang Pembagian Tugas Tutor dan Pegawai | |
10 | Memiliki program pengembangan diri dari berbagai kegiatan | |
11 | Memiliki program supervisi akademik dan non akademik | |
12 | Memiliki jadwal pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum yg berlaku | |
13 | Memiliki standar mutu sekolah (SMS) | |
14 | Memiliki catatan atau evaluasi keterlaksanaan program kerja sekolah | |
15 | Memiliki program pembinaan terhadap Tutor dan personil lainnya secara rutin maupun berkala | |
16 | Memiliki program pembiasaan bagi peserta didik | |
17 | Memiliki terobosan baru dalam rangka pengembangan sekolah | |
18 | Memiliki program pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi | |
19 | Memiliki program pemberian penghargaan bagi Tutor berprestasi | |
20 | Memiliki rencana strategis (Renstra) | |
21 | Memiliki rencana operasional dalam pelaksanaan program | |
22 | Memiliki Acuan dalam pengelolaan sekolah Permendiknas No. 19 tahun 2007) standar pengelolaan Pendidikan | |
23 | Menetapkan skala prioritas terhadap pelaksanaan program kerja | |
24 | Mengadakan pertemuan secara rutin dan berkala dengan orang tua murid serta stakholder / komite sekolah | |
25 | Memiliki catatan tentang kritik, saran, keluhan dari warga sekolah | |
26 | Memiliki catatan keberhasilan dalam meminpin sekolah secara umum | |
27 | Memiliki catatan hasil pelaksanaan program baik Akademik / non akademik | |
28 | Memiliki catatan hasil evaluasi pelaksanaan program / program tindak lanjut | |
J u m l a h S k o r |
Kualifikasi Hasil Kerja :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
K e s i m p u l a n :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
Saran Pembinaan :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
T u t o r Penilik
------------------------ -----------------------
Nip. Nip.
Pedoman Penskoran :
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan Instrumen Suvervisi dengan cara memberikan nilai ( 1,2,3,4,5 ) pada kolom skor sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1 = Sangat tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik
Penilaian akhir adalah Jumlahkan skor perolehan dikalikan 20 dibagi jumlah indikator yang diamati oleh pelaksana supervisi setiap instrumen.
Rumusan Nilai Akhir :
Jlh skor Perolehan x 20
SKOR AKHIR = -------------------------- = ..........
28
Penentuan kualifikasi hasil kinerja Guru/Tutor adalah sebagai berikut :
A = 86 - 100 (Amat Baik)
B = 76 - 85 (Baik)
C = 66 - 75 (Cukup)
D = 56 - 65 (Kurang)
E = < - 56 (Amat Kurang)
Silahkan di Klik :
Contoh Intrumen Supervisi Akademik Bidang:
1.Rencana Plaksanaan pembelajaran
2.Pelaksanaan proses Pembelajaran
3.Penilaian hasil Belajar
4.Pengelolaan Kelas
5.Administrasi Tutor
Contoh Instrumen Supervisi Manajerial Bidang:
1. Program Kerja
2. Tata Persuratan
3. Pendidik dan Tenaga kependidikan
4. Sarana dan Prasarana
5. Warga Belajar
6. Pembiayaan
7. Standar Isi
8. Pengembangan Diri
9. Pelaksanaan Ujian Semester
10.Pelaksanaan Ujian Akhir
11.Pelaksanaan Penerimaan WB Baru
12.Pemberdayaan Perpustakaan