Sabtu, 05 Maret 2011

Manajerial 1 : Pengelolaan PNFI / Program Kerja

INSTRUMEN
SUPERVISI MANAJERIAL
BIDANG : PENGELOLAAN PNFI / PROGRAM KERJA
( 1 )

Nama Tutor : ................................
K e l a s : ................................
Kelompok Belajar : ................................
Hari / Tanggal : ................................
Wilayah Binaan : ................................
Alamat : ................................
Kecamatan : ................................

No.Indikator/Aspek yang diamatiSkor
1Memiliki rumusan Visi dan Misi sekolah
2Memiliki program jangka panjang, menengah dan pendek
3Keterlibatan warga sekolah dan stakholder dalam menyusun RAPBS
4Memiliki RAPBS
5Kualifikasi Akreditasi sekolah
6Tingkat keterbukaan Kepala Sekolah / Penyelenggara dengan warga sekolah
7Memiliki Kalender pendidikan dan Penjabarannya
8Memiliki Perangkat kurikulum yang berlaku (Nasional maupun mulok)
9Membuat SK Tentang Pembagian Tugas Tutor dan Pegawai
10Memiliki program pengembangan diri dari berbagai kegiatan
11Memiliki program supervisi akademik dan non akademik
12Memiliki jadwal pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum yg berlaku
13Memiliki standar mutu sekolah (SMS)
14Memiliki catatan atau evaluasi keterlaksanaan program kerja sekolah
15Memiliki program pembinaan terhadap Tutor dan personil lainnya secara rutin maupun berkala
16Memiliki program pembiasaan bagi peserta didik
17Memiliki terobosan baru dalam rangka pengembangan sekolah
18Memiliki program pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi
19Memiliki program pemberian penghargaan bagi Tutor berprestasi
20Memiliki rencana strategis (Renstra)
21Memiliki rencana operasional dalam pelaksanaan program
22Memiliki Acuan dalam pengelolaan sekolah Permendiknas No. 19 tahun 2007) standar pengelolaan Pendidikan
23Menetapkan skala prioritas terhadap pelaksanaan program kerja
24Mengadakan pertemuan secara rutin dan berkala dengan orang tua murid serta stakholder / komite sekolah
25Memiliki catatan tentang kritik, saran, keluhan dari warga sekolah
26Memiliki catatan keberhasilan dalam meminpin sekolah secara umum
27Memiliki catatan hasil pelaksanaan program baik Akademik / non akademik
28Memiliki catatan hasil evaluasi pelaksanaan program / program tindak lanjut
J u m l a h      S k o r


Kualifikasi Hasil Kerja :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................


K e s i m p u l a n :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................

Saran Pembinaan :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................

           T u t o r                                                                        Penilik


 ------------------------                                               -----------------------
  Nip.                                                                            Nip.            


Pedoman Penskoran :

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan Instrumen Suvervisi dengan cara memberikan nilai ( 1,2,3,4,5 ) pada kolom skor sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

1 = Sangat tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik

Penilaian akhir adalah Jumlahkan skor perolehan dikalikan 20 dibagi jumlah indikator yang diamati oleh pelaksana supervisi setiap instrumen.

Rumusan Nilai Akhir :

                             Jlh skor Perolehan x 20
SKOR AKHIR = -------------------------- = ..........
                                         28

Penentuan kualifikasi hasil kinerja Guru/Tutor adalah sebagai berikut :
A = 86 - 100 (Amat Baik)
B = 76 - 85 (Baik)
C = 66 - 75 (Cukup)
D = 56 - 65 (Kurang)
E = < - 56 (Amat Kurang)


Silahkan di Klik :
Contoh Intrumen Supervisi Akademik Bidang:
1.Rencana Plaksanaan pembelajaran
2.Pelaksanaan proses Pembelajaran
3.Penilaian hasil Belajar
4.Pengelolaan Kelas
5.Administrasi Tutor

Contoh Instrumen Supervisi Manajerial Bidang:
1. Program Kerja
2. Tata Persuratan
3. Pendidik dan Tenaga kependidikan
4. Sarana dan Prasarana
5. Warga Belajar
6. Pembiayaan
7. Standar Isi
8. Pengembangan Diri
9. Pelaksanaan Ujian Semester
10.Pelaksanaan Ujian Akhir
11.Pelaksanaan Penerimaan WB Baru
12.Pemberdayaan Perpustakaan