INSTRUMEN
SUPERVISI MANAJERIAL
BIDANG : SARANA DAN PRASARANA
( 4 )
Nama Tutor : ................................
K e l a s : ................................
Kelompok Belajar : ................................
Hari / Tanggal : ................................
Wilayah Binaan : ................................
Alamat : ................................
Kecamatan : ................................
No. | Indikator/Aspek yang diamati | Skor |
A | RUANG BELAJAR | |
1 | Rasio kelas terhadap rombongan belajar 1 : 1 | |
2 | Rata-rata luas belajar( 7 x 8 ) | |
3 | Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR) | |
4 | Penerangan ruang belajar memadai | |
5 | Sirkulasi udara di ruang belajar memadai | |
6 | Jumlah mebler (meja,kursi) ruang kelas terhadap jumlah siswa dan Tutor memadai | |
7 | Kondisi ruang kelas terawat / terpelihara dengan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
B | RUANG TUTOR | |
1 | Memiliki ruang Tutor tersendiri | |
2 | Luas ruang Tutor sesuai dengan tipe sekolah (56 M2) | |
3 | Kelengkapan fasilitas mebler memadai sesuai kebutuhan | |
4 | Kondisi ruang Tutor terpelihara / terawat dengan baik | |
5 | Fasilitas mebler ruang Tutor memadai sesuai kebutuhan | |
6 | Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR) | |
7 | Kondisi ruang Tutor terawat dengan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
C | RUANG PENYELENGGARA | |
1 | Memiliki ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara tersendiri | |
2 | Luas ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara (21 M2) | |
3 | Fasilitas mebler ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara memadai sesuai dengan kebutuhan | |
4 | Memiliki media pendingin ruangan (AC) / Kipas angin | |
5 | Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR) | |
6 | Kondisi ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara terawat dengan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
D | RUANG UKS | |
1 | Memiliki ruang UKS sendiri | |
2 | Luas ruang UKS memenuhi standar (21 M2) | |
3 | Memiliki Petugas khusus UKS | |
4 | Memiliki struktur organisasi UKS | |
5 | Memiliki program kerja UKS (TRIAS UKS) | |
6 | Fasilitas mebler (Meja,kursi,tempat tidur, lemari obat, lemari alat UKS dll) | |
7 | Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR) | |
8 | Memiliki media ukur berat badan, tinggi badan | |
9 | Memiliki peserta dokter kecil | |
10 | Kondisi ruang UKS terawat dengan baik | |
11 | Memiliki buku catatan hasil kegiatan UKS | |
12 | Memiliki jadwal kegiatan UKS | |
13 | Memiliki bukurujukan berobat ke Puskesmas | |
SKOR PEROLEHAN | ||
D | HALAMAN SEKOLAH/TEMPAT BELAJAR | |
1 | Memiliki halaman sekolah yang memadai (1600 M2) | |
2 | Memiliki lapangan olah raga yang memadai (2000 M2) | |
3 | Kondisi halaman sekolah dan lapangan olah raga dalam keadaan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
E | KAMAR MANDI / WC | |
1 | Memiliki sarana kamar kecil siswa dengan rombel 1 : 2 | |
2 | Memiliki kamar kecil untuk karyawan, Tutor, dan Penyelenggara yg memadai | |
3 | Sarana penerangan dan lainnya cukup tersedia | |
4 | Kondisi kamar mandi dalam keadaan terawat dengan baik | |
5 | Fasilitas air bersih lancar dan tersedia dengan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
F | RUANG PERIBADATAN | |
1 | Memiliki ruang ibadah yang memadai | |
2 | Fasilitas peribadatan lengkap sesuai dengan kebutuhan | |
3 | Penerangan dan ventilasi udara cukum tersedia dengan baik | |
4 | Memiliki jadwal kegiatan ibadah sesuai kebutuhan | |
5 | Kondisi ruang peribadatan terawat dengan baik | |
SKOR PEROLEHAN | ||
G | UMUM | |
1 | Secara umum kebersihan sarana dan prasarana sekolah terpelihara dengan baik.(Kebersihan, keindahan, keserasian) | |
2 | Setiap ruang tersedia tempat sampah yang memadai sesuai dengan kebutuhan | |
3 | Memiliki Permendiknas No. 24 Tn 2007 tentang Standar Sarana & Prasarana | |
J u m l a h S k o r |
Kualifikasi Hasil Kerja :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
K e s i m p u l a n :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
Saran Pembinaan :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
T u t o r Penilik
------------------------ -----------------------
Nip. Nip.
Pedoman Penskoran :
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan Instrumen Suvervisi dengan cara memberikan nilai ( 1,2,3,4,5 ) pada kolom skor sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1 = Sangat tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik
Penilaian akhir adalah Jumlahkan skor perolehan dikalikan 20 dibagi jumlah indikator yang diamati oleh pelaksana supervisi setiap instrumen.
Rumusan Nilai Akhir :
Jlh nilai rata A+B+C+D+E+F+G+H+I+J x 20
SKOR AKHIR = ---------------------------------------------- = ..........
10
Penentuan kualifikasi hasil kinerja Guru/Tutor adalah sebagai berikut :
A = 86 - 100 (Amat Baik)
B = 76 - 85 (Baik)
C = 66 - 75 (Cukup)
D = 56 - 65 (Kurang)
E = < - 56 (Amat Kurang)
Silahkan di Klik :
Contoh Intrumen Supervisi Akademik Bidang:
1.Rencana Plaksanaan pembelajaran
2.Pelaksanaan proses Pembelajaran
3.Penilaian hasil Belajar
4.Pengelolaan Kelas
5.Administrasi Tutor
Contoh Instrumen Supervisi Manajerial Bidang:
1. Program Kerja
2. Tata Persuratan
3. Pendidik dan Tenaga kependidikan
4. Sarana dan Prasarana
5. Warga Belajar
6. Pembiayaan
7. Standar Isi
8. Pengembangan Diri
9. Pelaksanaan Ujian Semester
10.Pelaksanaan Ujian Akhir
11.Pelaksanaan Penerimaan WB Baru
12.Pemberdayaan Perpustakaan