Sabtu, 05 Maret 2011

Manajerial 4 : sarana dan prasarana

INSTRUMEN
SUPERVISI MANAJERIAL
BIDANG : SARANA DAN PRASARANA
( 4 )

Nama Tutor : ................................
K e l a s : ................................
Kelompok Belajar : ................................
Hari / Tanggal : ................................
Wilayah Binaan : ................................
Alamat : ................................
Kecamatan : ................................

No.Indikator/Aspek yang diamatiSkor
ARUANG BELAJAR
1Rasio kelas terhadap rombongan belajar 1 : 1
2Rata-rata luas belajar( 7 x 8 )
3Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR)
4Penerangan ruang belajar memadai
5Sirkulasi udara di ruang belajar memadai
6Jumlah mebler (meja,kursi) ruang kelas terhadap jumlah siswa dan Tutor memadai
7Kondisi ruang kelas terawat / terpelihara dengan baik

SKOR PEROLEHAN
BRUANG TUTOR
1Memiliki ruang Tutor tersendiri
2Luas ruang Tutor sesuai dengan tipe sekolah (56 M2)
3Kelengkapan fasilitas mebler memadai sesuai kebutuhan
4Kondisi ruang Tutor terpelihara / terawat dengan baik
5Fasilitas mebler ruang Tutor memadai sesuai kebutuhan
6Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR)
7Kondisi ruang Tutor terawat dengan baik

SKOR PEROLEHAN
CRUANG PENYELENGGARA
1Memiliki ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara tersendiri
2Luas ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara (21 M2)
3Fasilitas mebler ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara memadai sesuai dengan kebutuhan
4Memiliki media pendingin ruangan (AC) / Kipas angin
5Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR)
6Kondisi ruang Kepala Sekolah / Penyelenggara terawat dengan baik

SKOR PEROLEHAN
DRUANG UKS
1Memiliki ruang UKS sendiri
2Luas ruang UKS memenuhi standar (21 M2)
3Memiliki Petugas khusus UKS
4Memiliki struktur organisasi UKS
5Memiliki program kerja UKS (TRIAS UKS)
6Fasilitas mebler (Meja,kursi,tempat tidur, lemari obat, lemari alat UKS dll)
7Memiliki kartu Inventaris ruangan (KIR)
8Memiliki media ukur berat badan, tinggi badan
9Memiliki peserta dokter kecil
10Kondisi ruang UKS terawat dengan baik
11Memiliki buku catatan hasil kegiatan UKS
12Memiliki jadwal kegiatan UKS
13Memiliki bukurujukan berobat ke Puskesmas

SKOR PEROLEHAN
DHALAMAN SEKOLAH/TEMPAT BELAJAR
1Memiliki halaman sekolah yang memadai (1600 M2)
2Memiliki lapangan olah raga yang memadai (2000 M2)
3Kondisi halaman sekolah dan lapangan olah raga dalam keadaan baik

SKOR PEROLEHAN
EKAMAR MANDI / WC
1Memiliki sarana kamar kecil siswa dengan rombel 1 : 2
2Memiliki kamar kecil untuk karyawan, Tutor, dan Penyelenggara yg memadai
3Sarana penerangan dan lainnya cukup tersedia
4Kondisi kamar mandi dalam keadaan terawat dengan baik
5Fasilitas air bersih lancar dan tersedia dengan baik

SKOR PEROLEHAN
FRUANG PERIBADATAN
1Memiliki ruang ibadah yang memadai
2Fasilitas peribadatan lengkap sesuai dengan kebutuhan
3Penerangan dan ventilasi udara cukum tersedia dengan baik
4Memiliki jadwal kegiatan ibadah sesuai kebutuhan
5Kondisi ruang peribadatan terawat dengan baik

SKOR PEROLEHAN
GUMUM
1Secara umum kebersihan sarana dan prasarana sekolah terpelihara dengan baik.(Kebersihan, keindahan, keserasian)
2Setiap ruang tersedia tempat sampah yang memadai sesuai dengan kebutuhan
3Memiliki Permendiknas No. 24 Tn 2007 tentang Standar Sarana & Prasarana
J u m l a h      S k o r


Kualifikasi Hasil Kerja :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................


K e s i m p u l a n :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................

Saran Pembinaan :
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................

           T u t o r                                                                        Penilik


 ------------------------                                               -----------------------
  Nip.                                                                            Nip.            


Pedoman Penskoran :

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan Instrumen Suvervisi dengan cara memberikan nilai ( 1,2,3,4,5 ) pada kolom skor sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

1 = Sangat tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik

Penilaian akhir adalah Jumlahkan skor perolehan dikalikan 20 dibagi jumlah indikator yang diamati oleh pelaksana supervisi setiap instrumen.

Rumusan Nilai Akhir :

                             Jlh nilai rata A+B+C+D+E+F+G+H+I+J x 20
SKOR AKHIR = ---------------------------------------------- = ..........
                                                               10

Penentuan kualifikasi hasil kinerja Guru/Tutor adalah sebagai berikut :
A = 86 - 100 (Amat Baik)
B = 76 - 85 (Baik)
C = 66 - 75 (Cukup)
D = 56 - 65 (Kurang)
E = < - 56 (Amat Kurang)


Silahkan di Klik :
Contoh Intrumen Supervisi Akademik Bidang:
1.Rencana Plaksanaan pembelajaran
2.Pelaksanaan proses Pembelajaran
3.Penilaian hasil Belajar
4.Pengelolaan Kelas
5.Administrasi Tutor

Contoh Instrumen Supervisi Manajerial Bidang:
1. Program Kerja
2. Tata Persuratan
3. Pendidik dan Tenaga kependidikan
4. Sarana dan Prasarana
5. Warga Belajar
6. Pembiayaan
7. Standar Isi
8. Pengembangan Diri
9. Pelaksanaan Ujian Semester
10.Pelaksanaan Ujian Akhir
11.Pelaksanaan Penerimaan WB Baru
12.Pemberdayaan Perpustakaan